Rabu, 12 Maret 2008

Bekerja di Kapal Ikan Taiwan, Enam Jari Wartadi Diamputasi

Rabu, 12 Maret 2008 | 16:39 WIB
YOGYAKARTA, RABU - Tidak pernah terbayangkan oleh Wartadi (22) apabila enam ujung jari tangannya harus diamputasi karena mengalami pembekuan (frozen) akibat kerja yang berlebihan. Harapannya mendapatkan gaji Rp 4 juta sebulan dengan ikut kerja pada kapal penangkap ikan seperti yang terdapat dalam brosur yang tertempel di sekolahnya pertengahan 2007 lalu akan berubah menjadi duka.


Wartadi adalah salah satu dari tujuh alumni SMKN 1 Sanden, Bantul, Provinsi DIY, yang bekerja selama sekitar tiga bulan di atas Kapal Ikan Chun Yin berbendera Taiwan. Jemarinya mengalami pembekuan karena terlalu lama bekerja di ruang pendingin kapal.

Selain, wartadi ada satu teman lainnya yakni Angga Birawa yang mengalami hal sama, namun hanya jari kelingking kanan saja yang diamputasi. Sedang lima teman lainnya tidak mengalami luka berarti.

Rabu (12/3) sore, ketujuh TKI ini mendatangi kantor Pegacara Satriawan Guntur Z di Yogyakarta. Mereka bermaksud meminta pendampingan seputar penganiayaan dan perlakuan kerja yang dianggap tidak manusiawi. Mereka adalah Angga Birawa, Heri Purwanto, Wartadi, Nuron F Istanto, Drajat Arta A, Heri Hermawan, dan Kuswanta. Mereka semua adalah alumni SMKN 1 Sanden, Bantul, yang lulus tahun 2007 yang menjadi TKI melalui jalur resmi.

Mewakili para TKI, Guntur mengungkapkan--selama di kapal-- kliennya bekerja nonstop 56 jam tanpa istirahat, "Mereka diberi waktu istirahat empat jam, setelah itu bekerja lagi. Nah, yang dialami Wartadi, ketika frozen maka jarinya digunting sendiri oleh enginer tanpa ada pihak medis, demikian pula Angga," kata Guntur.Defri Werdiono

2 komentar:

Masali mengatakan...

Hak mendasar setiap warga adalah hak dalam beragama. Jadi, pendidikan keagamaan dan dalam pengamalannya harus mendapat hak yang layak dimanapun berada dan dimanapun bekerja.

KISAH SUKSES IBU HERAWATI mengatakan...

Assalamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang Pengusaha Butik yg Sukses, kini saya gulung tikar akibat di tipu teman sendiri, ditengah tagihan utang yg menumpuk, Suami pun meninggalkan saya, dan ditengah himpitan ekonomi seperti ini, saya coba buka internet untuk cari lowongan kerja, dan secara tdk sengaja sy liat situs pesugihan AKI SYEH MAULANA, awalnya saya ragu dan tidak percaya, tapi setelah saya lihat pembuktian video AKI ZYEH MAULANA Di Website/situnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari, Alhamdulilah Ternyata benar benar terbukti dan 2Miliar yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kata kata beliau yang selalu sy ingat setiap manusia bisa menjadi kaya, hanya saja terkadang mereka tidak tahu atau salah jalan. Banyak orang menganggap bahwa miskin dan kaya merupakan bagian dari takdir Tuhan. Takdir macam apa? Tuhan tidak akan memberikan takdir yang buruk terhadap kita, semua cobaan yang Tuhan berikan merupakan pembuktian seberapa kuat Anda bertahan di dalamnya. Tuhan tidak akan merubah nasib Anda jika Anda tidak berusaha untuk merubahnya. Dan satu hal yang perlu Anda ingat, “Jika Anda terlahir miskin itu bukan salah siapapun, namun jika Anda mati miskin itu merupakan salah Anda, saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI ZYEH MAULANA Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pejabat, Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia,jika anda ingin seperti saya silahkan Lihat No Tlp Aki Di website/internet »»>KLIK DISINI<««