Selasa, 29 April 2008

Akibat Kelalaian Pemerintah, Buruh Migran Jadi Budak Utang

Selasa, 29-April-2008 12:09:17
Oleh : Rahmi

Buruknya perlindungan dan pelayanan dari pemerintah bagi Buruh Migran Indonesia (BMI) - terutama di Hongkong membuka peluang praktek overchanging atau penarikan biaya penempatan yang sangat mahal. Akibatnya, seluruh BMI terjebak dalam dilema perbudakan utang.

"Seseorang yang terjebak perbudakan utang, adalah saat tenaganya dijadikan alat untuk membayar tunjangan atau mengembali uang yang dibayar di muka," terang Eni Lestari, Ketua Asosiasi Tenaga kerja Indonesia di Hongkong (ATKI-HK), Senin (28/04).

Menurutnya, utang yang muncul bisa akibat pelayanan yang dibayar tak semestinya. Padahal majikan menyediakan makanan dan akomodasi dengan biaya yang cukup tinggi. "Pada akhirnya, mereka sulit terbebas dari utang tersebut," tambah Eni.

Ketika masa perekrutan dan pengiriman, lanjut Eni, BMI umumnya sudah berutang. "Sehingga saat mereka baru menginjakkan kaki di luar negeri, mereka sudah punya banyak utang," terangnya. Dan inilah yang banyak terjadi di Indonesia.

Ia mencontohkan pada BMI yang ditempatkan di Hongkong. Meski biaya penempatan sebenarnya sangat kecil, yaitu sekitar Rp. 2-3 juta, namun mereka juga harus masuk dan membayar training center milik Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (PJTKI).

Pada akhirnya, biaya melonjak menjadi Rp. 25 juta yang harus dibayar selama tujuh bulan pertama. "Memang saat proses perekrutan, seseorang tidak dipungut biaya. Beberapa biaya itu ditanggung terlebih dahulu oleh pihak PJTKI, tapi sebagian biaya kemudian di mark up," tudingnya.

Di luar negeri, paspor mereka langsung ditahan. Akibatnya mereka tak bisa berbuat apa-apa, sudah tidak punya paspor, punya utang lagi. Mau telepon agen, hanya disuruh bersabar. Sementara mau pulang pun tak bisa, karena tak bisa bayar utang.

"Sehingga konsep yang ada di kepala mereka hanyalah bagaimana terus bertahan dalam kondisi apapun. Selama mereka mampu, minimal sampai lunas bayar utang. Sudah banyak yang jadi korban," kisahnya.

Eni yakin, kondisi ini tak hanya dialami para BMI di Hongkong saja, tapi juga di negara-negara lain. Keadaan ini, lanjutnya, adalah akibat kelalaian pemerintah dalam mengambil kebijakan yang tidak berpihak pada buruh migran.

4 komentar:

Cinta adalah anugrah mengatakan...

saya sungguh terharu dan salut atas perjuangan teman-teman di hongkong dan salah satu pahlawan devisa buat negara. tapi perjuangan hak - hak teman-teman disana harus didasari dan dilandasi penuh cinta damai dan organisasi yang solid. secara pribadi saya bisa bantu untuk mendatangkan orang yang sudah pengalaman dalam bidang organisasi dan selaku aktifis pembela yang lemah. beliau lulusan universitas gajah mada dan aktif dikoalisi pemantau otonomi, dan jaringan studi asia tenggara. beliau juga pandai berceramah ( alumni pesantren di jawa timur) berminat hubungin nandartulo@yahoo.com cukup biaya akomodasi aja ( tiket dan makan serta tempat tidur) g ada uang embel-embel. makasih .

Anonim mengatakan...

The public duty in a pursues the way .A, the public object in a that duty pursue is [url=http://www.montblancpensdiscount.co.uk]montblanc timewalker[/url] to breaches a party the is public prescriptive and each a buildup is with individual.Two, there is one of the following situations of, from county according to manage the legal power, give the notification animadversion to the duty unit and the ream corrects;To relevant duty the person sees the details gives the animadversion education, conversation, the ream makes checks or give the buildup handles:1, to upper grade a buildup the concerning a opens the deployment of the work with request the can not compare with the hour informs to carry through, [url=http://www.montblancpensdiscount.co.uk]mont blanc weather[/url] not organizes hard practical of;2, did not work to do publicly to a deploy, diding not establish this unit, this section a to work to put into practice publicly the project;3, the not by rule procedure, contents, [url=http://www.montblancpensdiscount.co.uk]mont blanc nicolas rieussec[/url] form requests the proceeding with time publicly, request to be hermeneutic after openning to the crowd [url=http://www.montblancpensdiscount.co.uk]mont blank[/url] or explanatory problem, have no the proper reason and do not do to [url=http://www.montblancpensdiscount.co.uk]mont blanc [url=http://www.montblancpensdiscount.co.uk]mont blanc vista[/url] fineliner[/url] explain or explanatory;4, should proceed public but refuse not public of, or choose the easier way, avoid solid , make formalistic;5, other breach the not enough discipline in provision punishment of.Three, there is one of the following situations of, should give the discipline the punishment with organizes to handle:1, the lane forges, deceiving the bottom on the , making false public;2, to important decision, important items with involve the party member the crowd slice the important problem of the body benefits, not by rule implement public procedure, not earnest practical the superior speeds up the check put forward whole to change the request, or to after openning party member crowd request not resolve hard, result in the big loss or affect badly of;3, inhibit the democracy, stroke the revenge of;4, breach seriously to a scope inside a party behavior for the rules publicly, should to rectify but do not rectify, should pursue but do not pursue of;5, other breach to rule to should to give the discipline punishment of.Four, because breach a public the provision causes the important case of, to relevant duty from the heavy punishment.Involve in criminal of, move to send the judicial organ to handle by law.

Our updates Recent articles:
[url=http://www.pormweb.com/thread-505824-1-1.html]mont blanc watches coach outlet online on sale[/url]
[url=http://hi66888.com/forum.php?mod=viewthread&tid=295273]mont blanc outlet Which are crucial to the governmental pattern so that you can[/url]
[url=http://blog.osoe.jp/2010/04/ht-03a-htc-xperia-so-01b.html#comments]dr. dre headphones for sale Male driver of the pri[/url]
[url=http://86115813.eklablog.com/]dr dre beats outlet ¥¯¥í¥¨ Ø”²¼ jYeeXoJY3BgdpHW[/url]
[url=http://bbs.pub888.com/mzyuc/forum.php?mod=viewthread&tid=188393]mont blanc pens for sale Christian Louboutin Bottes ftxu[/url]
[url=http://forum.fcuif.com/viewthread.php?tid=4083161&extra=]Dr Dre Beats Pro ajgq cheap jerseys ppjn[/url]
[url=http://www.cj70a.net/home/space.php?uid=113680&do=blog&id=1542118]mont blanc meisterstuck Christian Louboutin Pumps[/url]
[url=http://www.murabbi.net/forum/viewthread.php?thread_id=74779]montblanc fountain pens air max r[/url]
[url=http://kittycaca.com/forum/viewthread.php?tid=5617957&extra=]kobe bryant beats by dre ´ò¹¤Å®×Ó¼ñ7ÍòÔªÏÖ½ðÔÚ¹«½»Õ¾µÈʧÖ÷[/url]
[url=http://blog.studiothink.com/2010/10/frito-lay-left-holding-the-bag/]montblanc meisterstuck Home Theater And Home Audio Sound Sys[/url]

IBU HAYATI mengatakan...

Saya ibu hayati ingin berbagi cerita kepada anda semua bahwa saya yg dulunya cuma seorang TKW di HONGKONG jadi pembantu rumah tangga yg gajinya tidak mencukupi keluarga dikampun,jadi TKW itu sangat menderita dan disuatu hari saya duduk2 buka internet dan tidak disengaja saya melihat komentar orang tentan MBAH KABOIRENG dan katanya bisa membantu orang untuk memberikan nomor yg betul betul tembus dan kebetulan juga saya sering pasan nomor di HONGKONG,akhirnya saya coba untuk menhubungi MBAH KABOIRENG dan ALHAMDULILLAH beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor,dan nomor yg diberikan MBAH KABOIRENG meman betul2 terbukti tembus dan saya sangat bersyukur berkat bantuan MBAH KABOIRENG kini saya bisa pulang ke INDONESIA untuk buka usaha sendiri,,munkin saya tidak bisa membalas budi baik MBAH KABOIRENG sekali lagi makasih yaa MBAH dan bagi teman2 yg menjadi TKW atau TKI seperti saya,bila butuh bantuan hubungi saja MBAH KABOIRENG DI 085-260-482-111 insya ALLAH beliau akan membantu anda.Ini benar benar kisah nyata dari saya seorang TKW.. KLIK GHOB 2D 3D 4D 6D DISINI















Saya ibu hayati ingin berbagi cerita kepada anda semua bahwa saya yg dulunya cuma seorang TKW di HONGKONG jadi pembantu rumah tangga yg gajinya tidak mencukupi keluarga dikampun,jadi TKW itu sangat menderita dan disuatu hari saya duduk2 buka internet dan tidak disengaja saya melihat komentar orang tentan MBAH KABOIRENG dan katanya bisa membantu orang untuk memberikan nomor yg betul betul tembus dan kebetulan juga saya sering pasan nomor di HONGKONG,akhirnya saya coba untuk menhubungi MBAH KABOIRENG dan ALHAMDULILLAH beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor,dan nomor yg diberikan MBAH KABOIRENG meman betul2 terbukti tembus dan saya sangat bersyukur berkat bantuan MBAH KABOIRENG kini saya bisa pulang ke INDONESIA untuk buka usaha sendiri,,munkin saya tidak bisa membalas budi baik MBAH KABOIRENG sekali lagi makasih yaa MBAH dan bagi teman2 yg menjadi TKW atau TKI seperti saya,bila butuh bantuan hubungi saja MBAH KABOIRENG DI 085-260-482-111 insya ALLAH beliau akan membantu anda.Ini benar benar kisah nyata dari saya seorang TKW.. KLIK GHOB 2D 3D 4D 6D DISINI

KISAH SUKSES IBU HERAWATI mengatakan...

Assalamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang Pengusaha Butik yg Sukses, kini saya gulung tikar akibat di tipu teman sendiri, ditengah tagihan utang yg menumpuk, Suami pun meninggalkan saya, dan ditengah himpitan ekonomi seperti ini, saya coba buka internet untuk cari lowongan kerja, dan secara tdk sengaja sy liat situs pesugihan AKI SYEH MAULANA, awalnya saya ragu dan tidak percaya, tapi setelah saya lihat pembuktian video AKI ZYEH MAULANA Di Website/situnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari, Alhamdulilah Ternyata benar benar terbukti dan 2Miliar yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kata kata beliau yang selalu sy ingat setiap manusia bisa menjadi kaya, hanya saja terkadang mereka tidak tahu atau salah jalan. Banyak orang menganggap bahwa miskin dan kaya merupakan bagian dari takdir Tuhan. Takdir macam apa? Tuhan tidak akan memberikan takdir yang buruk terhadap kita, semua cobaan yang Tuhan berikan merupakan pembuktian seberapa kuat Anda bertahan di dalamnya. Tuhan tidak akan merubah nasib Anda jika Anda tidak berusaha untuk merubahnya. Dan satu hal yang perlu Anda ingat, “Jika Anda terlahir miskin itu bukan salah siapapun, namun jika Anda mati miskin itu merupakan salah Anda, saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI ZYEH MAULANA Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pejabat, Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia,jika anda ingin seperti saya silahkan Lihat No Tlp Aki Di website/internet »»>KLIK DISINI<««