Senin, 29 Oktober 2007

9 Agensi Diduga Terlibat Tempatkan TKI ke Irak


TEMPO Interaktif, Jakarta:Penempatan tenaga kerja Indonesia di Irak diduga dilakukan oleh 9 agensi dari Yordania. Mereka merekrut TKI di Indonesia melalui calo, kemudian dibawa ke Yordania, Bahrain dan Suriah terlebih dahulu, sebelum dikirim ke wilayah konflik seperti Irak.

Ketua Himpunan Pengusaha Jasa Penempatan Tenaga Kerja Indonesia (Himsataki), Yunus Yamani mengatakan salah satu agensi tersebut adalah Nashwan Labour Agency yang disinyalir mengirimkan Elly Anita, TKW asal dusun Tirtoasri RT 02/RW 03, Desa Andongsari, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember yang saat ini disekap di Irak.

"Ada 9 nama agen TKI dari Yordania yang sudah masuk daftar hitam. Mereka mengirim TKI ke Irak dari Yordania, Suriah dan Bahrain. Tapi walaupun sudah masuk daftar hitam, kaki tangan dari agensi ini masih bebas beroperasi di Jakarta dan pulau Jawa untuk merekrut calon TKI," katanya, akhir pekan lalu.


Yunus mengatakan, pihaknya mendapat informasi bahwa saat ini ada kurang lebih 75 TKI yang akan diberangkatkan ke Irak melalui Nashwan Labour Agency tersebut. "Laporan resmi dari KBRI, jumlah TKI yang sudah dijual sampai ke Irak dan Suriah berjumlah 17 orang, yang akan dikirim sekitar 75 orang. Itu data yang ada di Himsataki, BIN, Polda, Depnakertrans semua sama," katanya.

Ia menegaskan, jaringan dan cara kerja agensi ini sangat mengkhawatirkan. Sebab, kata dia, 9 agensi ini terlibat dalam jaringan perdagangan manusia (human trafficking). Sebelum TKI dikirim ke Irak, mereka diberangkatkan dulu ke negara-negara yang memberlakukan visa on arrival, seperti Suriah. "Setelah itu masuk ke Irak. Biasanya mereka berdokumen rangkap," kata Yunus.

Akibatnya, kata dia, kasus seperti Elly Anita yang dikabarkan dalam kondisi yang terancam hidupnya karena terperangkap di wilayah konflik bersenjata di Irak, tepatnya di Mosul, Kurdisatan sekitar 47 mil dari perbatasan Iran dan Turki. Sindikat perdagangan manusia ini, kata Yunus, yang mengurus kelengkapan dokumen TKI. "Mereka berangkat dengan paspor internasional, bukan paspor TKI," katanya.

Yunus menjelaskan, kaki tangan 9 agensi ini biasanya bekerja saat TKI menunggu dokumennya diurus oleh PPTKIS. Bagi pengiriman TKI ke Timur Tengah selain Arab Saudi, calon TKI diperbolehkan pulang sambil menunggu keberangkatan pesawat. Kesempatan ini digunakan oleh calo-calo dari agensi TKI nakal, dengan menawarkan keberangkatan lebih cepat dan murah.

"Caranya TKI membuat surat laporan polisi bahwa paspornya hilangnya. Akhirnya buat paspor lagi di Imigrasi. Padahal sebetulnya sudah dibuatkan paspor oleh PJTKI," paparnya.

Ia mempertanyakan kinerja aparat keimigrasian yang kecolongan dengan pengiriman TKI ke Irak ini. "Padahal pembuatan paspor sudah pakai sistem pembuatan paspor biometrik, seharusnya gak ada peluang duplikasi paspor," katanya. Namun kenyataannya masih saja terjadi paspor ganda dan lainnya.

Kalangan pengusaha penempatan TKI, kata dia, mendesak pemerintah dan kepolisian memberikan sanksi pada kaki tangan 9 agensi ini. "Pemerintah harus mengusut, orangnya ketahuan kok. Jangan orang kita saja yang ditekan. Tapi kalau ada orang asing yang mau memperdagangkan orang kita harus ditindak tegas. Orangnya ada jelas, sering datang, pihak Imigrasi juga tahu siapa orangnya. Saya punya data otentik," katanya.


Ninin Damayanti


1 komentar:

Unknown mengatakan...

Aslamalikum warahmatullahi wabarakatu

ini kisah nyata saya . . . .

perkenalkan nama saya ibu diana saya berasal dari kota yogyakarta saya bekerja sebagai seorang karyawan di salah satu perusaan Yogyakarta.dimana saya sudah hamper kurang lebih tiga tahun lamanya saya bekerja di perusaan itu.

Keinginan saya dan impian saya yang paling tinggi adalah ingin mempunyai sebuah kendaraan roda empat atau sebuah mobil pribadi sendiri,namun jika hanya mengandalkan gaji yah mungkin butuh waktu yang sangat lama dimana belum biaya kontrakan dan utan yang menumpuk justru akan semakin sulit dan semakin lama impian itu tidak akan terwujud

saya coba" buka internet dan saya lihat postingan orang yg sukses di bantu oleh seorang aki dari sana saya coba menghubungi aki awalnya saya sms terus saya di suruh telpon balik disitulah awal kesuksesan saya.jika anda ingin mendapat jalan yang mudah untuk membayar hutang lewat sebuah jalan pesugihan putih lewat bantuan seseorang dari gunung kidul dan akhirnya saya pun mencoba menghubungi beliyau dengan maksut yang sama untuk impian saya dan membayar hutang hutang saya.puji syukur kepada tuhan yang maha esa melalui bantuan aki romo dukun super natural dari gunung kidul membantu saya lewat dana gaib langsung masuk rekening saya 1 milyar

Saya mau mengucapkan banyak terimah kasih kepada ki romo atas bantuannya untuk mencapai impian saya sekarang ini dan sya sudah punya kendaraan beroda 4 yaitu hrv

Dan jika anda ingin bantuan seorang dukun super natural untuk mendapatkan dana gaib yang di jamin sukses silahkan anda hubungi ki romo di nomor telepon 085-218-653-567 terimah kasih atas bantuannya