Senin, 09 Juni 2008

Deportasi TKI dari Serawak Terus Meningkat

Reporter : Aries Munandar

PONTIANAK--MI: Jumlah tenaga kerja Indonesia (TKI) yang dideportasi dari Serawak, Malaysia, tiga tahun terakhir terus meningkat.

Data yang diperoleh Komisi Nasional Hak Azasi Manusia (Komnas HAM) Perwakilan Kalimantan Barat (Kalbar) dari imigrasi Malaysia di Serawak menyebutkan, pada 2007 tercatat sebanyak 2.493 TKI yang dideportasi melalui Pos Pemeriksaan Lintas Batas (PPLB) Entikong di Kabupaten Sanggau, Kalbar.

Jumlah tersebut meningkat lebih dari 36 jika dibandingkan dengan deportasi yang terjadi pada 2006 sebanyak 1.824 orang dan 2005 sebanyak 979 orang.

Anggota Komnas HAM Kalbar Padmi J Candramidi mengatakan para TKI yang dideportasi itu ilegal karena sama sekali tidak memiliki dokumen keimigrasian atau mengantongi dokumen dengan identitas palsu.

"Kalau legal, mereka pasti tercatat secara resmi di KJRI (Konsulat Jenderal Republik Indonesia) di Kuching, Serawak. Kenyataannya mereka tidak pernah tercatat sebagai TKI di KJRI," katanya di Pontianak, Kamis (5/6).

Sementara itu, hasil evaluasi tim pengkajian buruh migran Indonesia di Serawak dan Brunei Darussalam yang dibentuk Komnas HAM Kalbar menyimpulkan persoalan buruh migran merupakan potret buruk kondisi tenaga kerja Indonesia di luar negeri dan berlangsung secara sistematis. Berbagai bentuk kekerasan dan eksploitasi yang berujung pada terjadinya pelanggaran HAM sudah kerap terjadi.

Menurut Padmi, KJRI di Kuching mencatat pada 2007 terjadi 284 kasus kekerasan dan eksploitasi terhadap TKI di Serawak. Jumlah ini meningkat sebanyak tujuh kasus jika dibandingkan dengan 2006 sebanyak 277 kasus. Tindak kekerasan dan eksploitasi tersebut, antara lain gaji yang tidak dibayar, ditipu agen penyalur tenaga kerja, dianiaya, dan dipaksa melacurkan diri.

"Akumulasi dari berbagai pelanggaran dan

kasus yang menimpa para TKI itu sebagian besar atau sekitar 85 berakar dari permasalahan domestik (dalam negeri). Misalnya, pemalsuan identitas, kualifikasi keterampilan dan pendidikan tenaga kerja yang rendah serta adanya pungutan liar," tambah Ketua Komnas HAM Kalbar Achmad Husainie.

Ia mengatakan, jumha TKI legal maupun ilegal di Serawak saat ini diperkirakan mencapai 400 ribu orang atau 95 dari jumlah pekerja asing di wilayah itu. Sedangkan di Brunei Darussalam sebanyak 35 ribu orang, atau 10 dari jumlah penduduk negara tersebut. Sebagian besar TKI di Brunei bekerja di sektor formal.

"Meskipun angkanya relatif kecil, kekerasan dan eksploitasi terhadap buruh migran Indonesia juga terjadi di Brunei. Saat ini tercatat sebanyak 33 orang yang menjadi korban. Mereka antara lain dianiaya, diperkosa dan dipaksa melacur," jelas Husainie. (AR/OL-01)

Kamis, 05 Juni 2008 16:33 WIB


1 komentar:

KISAH SUKSES IBU HERAWATI mengatakan...

Assalamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang Pengusaha Butik yg Sukses, kini saya gulung tikar akibat di tipu teman sendiri, ditengah tagihan utang yg menumpuk, Suami pun meninggalkan saya, dan ditengah himpitan ekonomi seperti ini, saya coba buka internet untuk cari lowongan kerja, dan secara tdk sengaja sy liat situs pesugihan AKI SYEH MAULANA, awalnya saya ragu dan tidak percaya, tapi setelah saya lihat pembuktian video AKI ZYEH MAULANA Di Website/situnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari, Alhamdulilah Ternyata benar benar terbukti dan 2Miliar yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kata kata beliau yang selalu sy ingat setiap manusia bisa menjadi kaya, hanya saja terkadang mereka tidak tahu atau salah jalan. Banyak orang menganggap bahwa miskin dan kaya merupakan bagian dari takdir Tuhan. Takdir macam apa? Tuhan tidak akan memberikan takdir yang buruk terhadap kita, semua cobaan yang Tuhan berikan merupakan pembuktian seberapa kuat Anda bertahan di dalamnya. Tuhan tidak akan merubah nasib Anda jika Anda tidak berusaha untuk merubahnya. Dan satu hal yang perlu Anda ingat, “Jika Anda terlahir miskin itu bukan salah siapapun, namun jika Anda mati miskin itu merupakan salah Anda, saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI ZYEH MAULANA Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pejabat, Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia,jika anda ingin seperti saya silahkan Lihat No Tlp Aki Di website/internet »»>KLIK DISINI<««