Minggu, 15 Juni 2008

Gaji TKI di Luar Negeri Tak Pernah Naik

Yogyakarta, (Analisa)--Gaji tenaga kerja Indonesia (TKI) di luar negeri dalam dua puluh tahun terakhir tidak pernah naik, bahkan tidak pernah ada upaya untuk menaikkan gaji tersebut.

"Karena itu, sejak Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan TKI (BNP2TKI) terbentuk setahun lalu, upaya menaikkan gaji TKI mulai dilakukan, dan mendapat tanggapan positif dari negara pengguna jasa TKI," kata Ketua BNP2TKI, Muhammad Jumhur Hidayat di Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah, Minggu.

Dalam dialog dengan calon TKI, keluarga TKI, TKI purna (mantan TKI) dan pengurus PJTKI sekabupaten Banyumas, ia menyatakan prihatin dengan kondisi tersebut karena bertahun-tahun TKI tidak menikmati kenaikan gaji.

Misalnya selama ini gaji TKI di Arab Saudi dan negara-negara di Timur Tengah lainnya hanya digaji 600 real per bulan, sedangkan di Singapura sekitar 300 dolar Singapura.

"Tetapi setelah dilakukan pendekatan dengan negara-negara pengguna jasa TKI, mereka menanggapi positif dan bersedia menaikkan gaji para TKI," katanya.

Sekarang, kata dia, TKI di Singapura sudah menerima gaji 350 dolar Singapura per bulan, sedangkan di Arab Saudi naik menjadi 800 real per bulan.

"Meskipun ada kenaikan gaji, tetapi tidak menyurutkan negara-negara tersebut untuk tetap menggunakan jasa TKI. Ini terlihat pada penempatan TKI di berbagai negara pada 2006 sebanyak 27.000 orang, meningkat menjadi 34.000 orang hingga Juli 2007.

Hal ini membuktikan bahwa negara-negara tersebut tidak mengurangi penerimaan TKI, tetapi justru meningkatkan jumlahnya.

Ia mengatakan saat ini ada sekitar enam juta TKI yang bekerja di berbagai negara, meliputi 4,3 juta TKI bekerja di sektor formal dan 1,7 juta TKI bekerja di sektor nonformal.

"Sedangkan masalah yang dihadapi dalam penempatan TKI adalah kasus percaloan yang sampai saat ini memang belum bisa diberantas," katanya. (Ant)

1 komentar:

KISAH SUKSES IBU HERAWATI mengatakan...

Assalamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang Pengusaha Butik yg Sukses, kini saya gulung tikar akibat di tipu teman sendiri, ditengah tagihan utang yg menumpuk, Suami pun meninggalkan saya, dan ditengah himpitan ekonomi seperti ini, saya coba buka internet untuk cari lowongan kerja, dan secara tdk sengaja sy liat situs pesugihan AKI SYEH MAULANA, awalnya saya ragu dan tidak percaya, tapi setelah saya lihat pembuktian video AKI ZYEH MAULANA Di Website/situnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari, Alhamdulilah Ternyata benar benar terbukti dan 2Miliar yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kata kata beliau yang selalu sy ingat setiap manusia bisa menjadi kaya, hanya saja terkadang mereka tidak tahu atau salah jalan. Banyak orang menganggap bahwa miskin dan kaya merupakan bagian dari takdir Tuhan. Takdir macam apa? Tuhan tidak akan memberikan takdir yang buruk terhadap kita, semua cobaan yang Tuhan berikan merupakan pembuktian seberapa kuat Anda bertahan di dalamnya. Tuhan tidak akan merubah nasib Anda jika Anda tidak berusaha untuk merubahnya. Dan satu hal yang perlu Anda ingat, “Jika Anda terlahir miskin itu bukan salah siapapun, namun jika Anda mati miskin itu merupakan salah Anda, saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI ZYEH MAULANA Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pejabat, Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia,jika anda ingin seperti saya silahkan Lihat No Tlp Aki Di website/internet »»>KLIK DISINI<««