Jumat, 14 September 2007

Biaya Penempatan di Hongkong Difinalisasi


Yogyakarta, Kompas - Pemerintah Indonesia meminta pembicaraan tentang pembenahan struktur biaya penempatan tenaga kerja Indonesia di Hongkong segera difinalisasi.


Pemerintah berharap biaya penempatan TKI di Hongkong bisa ditekan dengan perlindungan yang lebih ditingkatkan.


"Saya baru bertemu dengan Menteri Tenaga Kerja dan Kesejahteraan Wilayah Khusus Hongkong Matthew Cheung Kin-chung dan membicarakan soal finalisasi struktur biaya penempatan dan perlindungan TKI di Hongkong. Saat ini, prosesnya baru sampai tahap pembicaraan antarpemerintah, antarperusahaan pengirim dan penempatan, serta antarpemangku kepentingan, " kata Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Erman Suparno di Yogyakarta, Rabu (12/9).


Dia berbicara di sela-sela pertemuan pendahuluan Konferensi Menteri Tenaga Kerja Asia-Eropa yang diikuti pejabat departemen ketenagakerjaan eselon I dan II dari 45 negara Asia dan Eropa, pejabat Sekretariat ASEM Jakarta, serta Komisi Eropa.


Menurut Erman, saat ini TKI masih dibebani biaya penempatan sebesar Rp 25 juta per orang. Kedua pihak juga membicarakan adanya TKI yang menerima gaji di bawah nilai yang tercantum di slip resmi.


"Pemerintah Hongkong juga mulai bertindak tegas terhadap agen penempatan dan pengguna jasa TKI yang melanggar aturan," ungkap Erman.


Mennakertrans mengatakan, secara umum persoalan buruh migran juga akan dibahas dalam konferensi itu. Pertemuan tersebut ditujukan untuk bertukar pengalaman dalam menangani pasar kerja setiap negara dalam menghadapi globalisasi.


"Kami berharap kesenjangan kompetensi tenaga kerja negara maju dan berkembang bisa diperkecil. Jadi, seluruh negara dapat menikmati pertumbuhan pasar kerja yang terjadi di mana pun," ujar Erman.


Hal senada diungkapkan Asisten Sekretaris Departemen Tenaga Kerja Filipina Rebecca J Calzado yang hadir sebagai peserta. Menurut Calzado, negara pengirim dan penerima harus membangun sistem manajemen buruh migran yang lebih baik.


"Negara pengirim dan penerima buruh migran harus mendapatkan keuntungan yang adil dari kegiatan ini. Kontribusi buruh migran terhadap perekonomian negara pengirim sangat banyak, demikian juga terhadap aktivitas di negara penerima," tutur Calzado.


Tidak transparan


Di Jakarta, aktivis Indonesian Corruption Watch (ICW), Migrant CARE, dan Komisi Nasional Perempuan mendesak pemerintah untuk transparan dalam segala hal terhadap TKI.


Akuntabilitas sangat berguna untuk mencegah kekerasan terhadap TKI di negara penempatan. Direktur Eksekutif Migrant CARE Anis Hidayah mengatakan, minimnya akses informasi tentang hak TKI dalam proses penempatan dan perlindungan menyebabkan mereka dipermainkan sejak dari rekrutmen, pemberangkatan ke negara tujuan, penempatan, sampai kembali ke Tanah Air.


Persoalan lain, pemerintah juga belum menerapkan struktur biaya pemberangkatan TKI yang standar dan baku. Selain itu, tidak ada informasi mengenai perusahaan penempatan tenaga kerja Indonesia swasta yang legal maupun ilegal.

"Kegagalan pemerintah menyediakan informasi yang utuh kepada TKI menambah penderitaan dan eksploitasi buruh migran. Pemerintah harus segera menerapkan keterbukaan prosedur birokrasi terhadap TKI," ujar Anis Hidayah. (ham/lkt)

1 komentar:

KISAH SUKSES IBU HERAWATI mengatakan...

Assalamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang Pengusaha Butik yg Sukses, kini saya gulung tikar akibat di tipu teman sendiri, ditengah tagihan utang yg menumpuk, Suami pun meninggalkan saya, dan ditengah himpitan ekonomi seperti ini, saya coba buka internet untuk cari lowongan kerja, dan secara tdk sengaja sy liat situs pesugihan AKI SYEH MAULANA, awalnya saya ragu dan tidak percaya, tapi setelah saya lihat pembuktian video AKI ZYEH MAULANA Di Website/situnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari, Alhamdulilah benar benar terbukti dan 2Miliar yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kata kata beliau yang selalu sy ingat setiap manusia bisa menjadi kaya, hanya saja terkadang mereka tidak tahu atau salah jalan. Banyak orang menganggap bahwa miskin dan kaya merupakan bagian dari takdir Tuhan. Takdir macam apa? Tuhan tidak akan memberikan takdir yang buruk terhadap kita, semua cobaan yang Tuhan berikan merupakan pembuktian seberapa kuat Anda bertahan di dalamnya. Tuhan tidak akan merubah nasib Anda jika Anda tidak berusaha untuk merubahnya. Dan satu hal yang perlu Anda ingat, “Jika Anda terlahir miskin itu bukan salah siapapun, namun jika Anda mati miskin itu merupakan salah Anda, saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui Ritual Penarikan Dana Hibah/Pesugihan Putih AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI ZYEH MAULANA Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pejabat, Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia,jika anda ingin seperti saya silahkan Lihat No Tlp Aki Di website/internet »»>KLIK DISINI<««





RITUAL DUNIA GHAIB

RITUAL TEMBUS TOGEL/LOTREY

BUAYER MUSTIKA