Rabu, 26 September 2007

Ribuan Rumah Rusak di Bengkulu dan Sumbar



Jumat, 14 September 2007




Presiden Tetapkan Tanggap Darurat di Dua Provinsi


Bengkulu, Kompas - Gempa yang mengguncang Pantai Barat Sumatera dalam dua hari terakhir merusak sedikitnya 5.000 rumah. Akibatnya, ribuan warga harus tinggal di luar rumah dengan fasilitas tenda seadanya.

Korban tewas tercatat 10 orang; dua di Kota Bengkulu, lima di Kabupaten Muko Muko, dan tiga orang di Kabupaten Bengkulu Utara. Di Padang, Sumatera Barat tercatat empat orang tewas, meski tiga yang terakhir lebih karena dampak tak langsung.

Selain itu, sejumlah gedung pemerintahan, sekolah dan tempat ibadah rusak. Gempa juga memutuskan jalur darat dari Bengkulu ke Padang pada ruas Painang dan Bengkulu Utara. Beberapa tiang listrik roboh sehingga beberapa daerah tak mendapatkan aliran listrik.

Dari pemantauan Kompas, Kamis (13/9), gempa menghancurkan lebih dari 200 rumah dan merusakkan sekitar 800 rumah di pesisir barat Bengkulu Utara. Kerusakan paling parah terjadi di Kecamatan Lais sehingga memaksa sebagian besar penduduknya tinggal di tenda-tenda yang mereka dirikan di depan rumah.

Mulai dari Kota Bengkulu sampai ke Lais, gempa menyebabkan tembok-tembok dan atap rumah berjatuhan. Banyak kabel listrik yang putus karena bagian atas tiang jatuh akibat gempa.

Sejak dari Kecamatan Pondok Kelapa sampai Air Napal, Bengkulu Utara, terdapat rumah yang roboh sampai rata dengan tanah atau rusak di beberapa bagian di kanan dan kiri jalan. Di Desa Lubuk Tanjung, Air Napal, misalnya, setengah bangunan balai desanya roboh karena tulang besi pada kerangka temboknya patah.

Di Desa Kota Agung, Air Besi, Bengkulu Utara, hampir semua penduduk membangun tenda di depan atau samping rumah. Hampir tidak ada lagi rumah yang utuh. Jika ada bagian depan bangunan yang utuh, di bagian tengah atau belakangnya pasti rusak atau dindingnya roboh.

Di Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat, diperkirakan 2.000 rumah rusak akibat gempa susulan dengan kekuatan 6.0 pada hari Kamis di Barat Daya Painan-Sumbar.

Dilaporkan juga, tiga dermaga di Muara Siberut, Sikakap, dan Tuapeijat roboh setelah gempa susulan tersebut karena pusatnya berada dalam wilayah Kepulauan Mentawai.

Mentawai yang berjarak sekitar 120 mil barat Kota Padang, hingga Kamis malam masih terisolasi karena seluruh lampu mati. Begitu pula alat komunikasi yang biasa digunakan.

Wartawan Kompas yang ikut dengan rombongan pejabat Departemen Perhubungan, tak bisa mendarat di Bandara Rokot karena landasan yang ada hanya sepanjang 750 meter, sementara pesawat yang ditumpangi membutuhkan 1.100 m.

Namun pantauan dari udara, dapat dipastikan, dua pulau besar di kepulauan itu, Mentawai, Siberut dan Sipora tidak mengalami tsunami.

Camat Pagai Utara Selatan Ny Elizar Murty yang bisa dihubungi melalui telepon selulernya mengatakan, banyak bangunan yang rusak di Pulau Sikakap. Tetapi tidak ada korban jiwa.

Masyarakat Sungai Penuh dan sekitarnya di Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi juga dibuat panik oleh gempa hari Kamis.

Satlak Penanggulangan Bencana Kabupaten Kerinci menyatakan, sementara terdapat 70 rumah terdiri atas delapan rumah yang rusak berat, serta 62 rumah rusak sedang atau ringan di Kecamatan Sungai Penuh, Keliling Danau, Danau Kerinci, dan Siulak. Sejumlah fasilitas umum seperti ruang Instalasi Gawat Darurat RSUD Mayjen HA Thalib, dan dua masjid di Sungai Penuh juga rusak oleh gempa.

Jauh terpisah ribuan mil, gempa juga terjadi di Bitung, Sulawesi Utara, dengan kekuatan 6,4 SR pada pukul 17.48 waktu setempat. Gempa yang berada 291 kilometer Timur Laut Kota Bitung tersebut tidak menimbulkan guncangan di Kota Bitung.

Hingga Kamis malam, para korban gempa di berbagai daerah masih menunggu bantuan tenda, selimut, dan makanan.

Tanggap darurat

Berkait dengan gempa di pantai barat Sumatera, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kemarin menetapkan tanggap darurat untuk wilayah Bengkulu dan Sumatera Barat, masing-masing dengan target 6 dan 4 hari. Penetapan diambil setelah Presiden yang didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla memimpin rapat kabinet di ruang VVIP Bandar Udara Halim Perdanakusuma.

Pada akhir arahannya, Presiden meminta Gubernur Bengkulu Agusrin Maryono Najamuddin yang sedang berada di luar negeri segera pulang memimpin langkah tanggap darurat, rehabilitasi, dan rekonstruksi.

"Saya menerima laporan, ada beberapa kepala daerah tidak ada di tempat ketika gempa terjadi. Ada yang dinas luar kota atau luar negeri. Saya meminta segera kembali ke tempatnya, memimpin langsung langkah-langkah tanggap darurat, rekonstruksi, dan rehabilitasi," ujar Presiden.

Agusrin dikabarkan masih berada di Los Angeles dan baru Jumat malam ini dijadwalkan tiba Jakarta.

Rapat kabinet itu sendiri digelar di Halim karena Presiden dan para menteri ingin segera mendengar laporan langsung empat menteri yang diperintahkan berangkat ke Bengkulu dan telah kembali sesaat sebelum rapat dimulai pukul 17.00.

Empat menteri itu adalah Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat Aburizal Bakrie, Menteri Sosial Bachtiar Chamsyah, Menteri Perhubungan Jusman Sjafii Djamal, serta Menteri Komunikasi dan Informatika Mohammad Nuh.

Ketua Badan Koordinasi Nasional (Bakornas) Penanggulangan Bencana Alam dan Pengungsi Muhammad Jusuf Kalla menyatakan, gempa bumi di Bengkulu mempunyai ekses tidak terlalu besar, meskipun goncangan gempa mencapai 7,9 skala Richter.

Lebih jauh Kalla menyatakan, kesiapan dan penanganan bencana gempa sekarang ini jauh lebih baik dibandingkan bencana-bencana sebelumnya.

Jusman menambahkan, secara umum tidak ada daerah atau kawasan yang terisolasi karena gempa. Namun, kawasan yang informasi kondisinya belum rinci adalah kawasan di utara Bengkulu dan Mentawai. "Di Mentawai, ada tiga dermaga rusak," ujarnya.

Kepala Badan Meteorologi dan Geofisika Sri Woro menjelaskan, sistem peringatan dini tsunami yang digagas tahun 2005, hingga saat ini baru dibuat dan dipasang 73 dari rencana 180 sensor. Seluruh sensor untuk sistem peringatan dini tsunami akan selesai dibuat dan dipasang pada akhir 2008.

"Kemampuan kami menghitung saat ini adalah delapan menit. Kami targetkan kemampuan menghitung dapat ditingkatkan jadi lima menit setelah sensor selesai dipasang semua akhir 2008," ujarnya.

Jumlah gempa susulan pada gempa Bengkulu tergolong ekstrem yaitu tercatat 44 kali dalam sehari dengan magnitudo 4,5 SR-7,7 SR.

Masalah kesehatan

Untuk menanggulangi masalah kesehatan akibat gempa di Bengkulu itu, Departemen Kesehatan telah mengirim 22 tenaga medis, 39 perawat, empat tenaga Rapid Health Assessment (RHA), dan 12 tenaga lain. Mereka berasal dari Depkes Jakarta dan Pusat Penanggulangan Krisis (PPK) Regional Sumatera Selatan, Yayasan Ambulan Gawat Darurat 118, dan Yayasan Tzuchi.

Depkes juga memberi bantuan logistik berupa obat-obatan, tiga ambulan, tiga mobil RHA, satu mobil Klino, dan satu mobil operasional. Bantuan lain adalah tiga ton makanan pendamping Air Susu Ibu, satu ton makanan siap saji, satu ton paket bagi korban gempa, 50 pasang sarung tangan, dan 100 kantong jenazah.

Depkes juga mengirim 400 selimut, 200 selimut untuk Kota Bengkulu, 200 lembar untuk Kabupaten Bengkulu Utara. Depkes juga akan mengirim 2 tenda balon plus 20 veltbed untuk Rumah Sakit Jamil di Padang.

"Masalah kesehatan masih ditangani jajaran kesehatan setempat, PPK Kesehatan Regional Sumatera Selatan Depkes," kata Kepala Pusat Komunikasi Publik Depkes Lily S Sulistyowati melalui siaran pers.

Sarana kesehatan yang rusak yaitu Rumah Sakit Umum Daerah Mayjen HA Thalib Jambi, RSU M Jamil Padang. Kerusakan juga terjadi pada lima unit pusat kesehatan masyarakat (puskesmas), 12 puskesmas pembantu, tujuh rumah dokter, tujuh rumah dokter gigi, dan 12 rumah paramedis. (tim kompas)


2 komentar:

KISAH SUKSES IBU HERAWATI mengatakan...

Assalamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang Pengusaha Butik yg Sukses, kini saya gulung tikar akibat di tipu teman sendiri, ditengah tagihan utang yg menumpuk, Suami pun meninggalkan saya, dan ditengah himpitan ekonomi seperti ini, saya coba buka internet untuk cari lowongan kerja, dan secara tdk sengaja sy liat situs pesugihan AKI SYEH MAULANA, awalnya saya ragu dan tidak percaya, tapi setelah saya lihat pembuktian video AKI ZYEH MAULANA Di Website/situnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari, Alhamdulilah benar benar terbukti dan 2Miliar yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kata kata beliau yang selalu sy ingat setiap manusia bisa menjadi kaya, hanya saja terkadang mereka tidak tahu atau salah jalan. Banyak orang menganggap bahwa miskin dan kaya merupakan bagian dari takdir Tuhan. Takdir macam apa? Tuhan tidak akan memberikan takdir yang buruk terhadap kita, semua cobaan yang Tuhan berikan merupakan pembuktian seberapa kuat Anda bertahan di dalamnya. Tuhan tidak akan merubah nasib Anda jika Anda tidak berusaha untuk merubahnya. Dan satu hal yang perlu Anda ingat, “Jika Anda terlahir miskin itu bukan salah siapapun, namun jika Anda mati miskin itu merupakan salah Anda, saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui Ritual Penarikan Dana Hibah/Pesugihan Putih AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI ZYEH MAULANA Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pejabat, Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia,jika anda ingin seperti saya silahkan Lihat No Tlp Aki Di website/internet »»>KLIK DISINI<««





RITUAL DUNIA GHAIB

RITUAL TEMBUS TOGEL/LOTREY

BUAYER MUSTIKA

Unknown mengatakan...

Assalamu alaikum warohmatullahi wabarakatu.
Saya ingin berbagi cerita siapa tau bermanfaat kepada anda bahwa saya ini seorang TKI dari johor bahru (malaysia) dan secara tidak sengaja saya buka internet dan saya melihat komentar bpk hilary joseph yg dari hongkong tentan Mbah Suro yg telah membantu dia menjadi sukses. dan akhirnya saya juga mencoba menghubungi beliau dan alhamdulillah beliau mau membantu saya untuk memberikan nomer toto 6D dr hasil ritual beliau. dan alhamdulillah itu betul-betul terbukti tembus dan menang RM.457.000 Ringgit selama 3X putaran beliau membantu saya, saya tidak menyanka kalau saya sudah bisa sesukses ini. dan ini semua berkat bantuan Mbah Suro,saya yang dulunya bukan siapa-siapa bahkan saya juga selalu dihina orang. dan alhamdulillah kini sekarang saya sudah punya segalanya,itu semua atas bantuan beliau.Saya sangat berterimakasih banyak kepada Mbah Suro atas bantuan nomer togel Nya.
Bagi anda yg butuh nomer togel mulai (3D/4D/5D/6D) jangan ragu atau maluh segera hubungi Mbah Suro di hendpone (+6282354640471) insya allah beliau akan membantu anda seperti saya...