Sabtu, 15 September 2007

KPK Beber 11 Potensi Korupsi Urusan TKI

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menguatkan dugaan masyarakat atas adanya ketidakberesan sistem pelayanan penempatan dan perlindungan tenaga kerja Indonesia (TKI). Hasil monitoring lembaga antikorupsi tersebut menemukan 11 kelemahan yang ujung-ujungnya bakal merugikan para TKI.

Ternyata, dalam pelaksanaannya (sistem TKI, Red), terjadi korupsi yang, walaupun nilainya tidak cukup signifikan, sudah termasuk kategori korupsi, ujar Ketua KPK Taufiequrachman Ruki dalam keterangan pers di gedung KPK Kuningan kemarin (28/8).

Temuan KPK tersebut, antara lain, masih adanya praktik suap dalam pengurusan dokumen TKI dan belum adanya standar baku pelayanan terhadap TKI (selengkapnya lihat grafis, Red).

Dia menyatakan, selain melaksanakan tugas yang diamanatkan UU No 30 Tahun 2002 tentang KPK, kejadian tragis yang menimpa TKI akhir-akhir ini menjadi alasan bagi KPK untuk menguliti sistem pelayanan serta perlindungan TKI. KPK menganggap permasalahan TKI merupakan akibat lemahnya sistem. Mengapa KPK menaruh pehatian terhadap masalah tersebut? Terus terang, ini menyangkut harga diri bangsa. Sangat banyak ekses (akibat, Red) yang timbul akibat sistem pelayanan tenaga kerja yang kurang baik, tegas Ruki.

Temuan tersebut, kata dia, dipaparkan secara langsung kepada Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Erman Suparno serta Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan TKI (PNP2TKI) Jumhur Hidayat.

Dia mengungkapkan, KPK juga merekomendasikan perbaikan. Yakni, pembenahan sistem yang meliputi manajemen SDM pemberi pelayanan, business process, infrastruktur, anggaran, serta peningkatan pengawasan dan penindakan. Jangan lantas apa-apa minta direpresi, ujar pria kelahiran Rangkasbitung, Banten, tersebut.

Bukan hanya kepada dua lembaga yang paling bertanggung jawab atas nasib TKI tersebut, hasil kajian KPK itu juga akan dikirimkan ke Depkum HAM terkait dengan soal keimigrasian, Departemen Luar Negeri, kepolisian, serta Departemen Perhubungan.

Menanggapi temuan KPK tersebut, Menakertrans Erman Suparno berdalih bahwa pihaknya telah mereformasi sistem penempatan dan perlindungan TKI yang bahkan pencanangannya dihadiri presiden. Bahkan, terbit Inpres No 6 Tahun 2006 (kebijakan reformasi sistem penempatan dan perlindungan tenaga kerja Indonesia) dalam rangka pembenahan sistem, jelasnya.

Selain itu, kata dia, pihaknya telah melakukan desentralisasi pengurusan dokumen ke daerah-daerah TKI agar bisa didapatkan secara murah, mudah, dan cepat.

Meski demikian, menteri yang juga kader PKB itu mengakui adanya kelemahan-kelemahan dalam pelaksanaan. Masih banyak yang perlu diperbaiki. Misalnya, masih ada suap kepada aparat-aparat yang sebetulnya (seharusnya, Red) melayani, juga pengawasan, katanya.

Soal perlindungan TKI dari majikan, menurut Erman, sudah ada persetujuan dengan negara-negara tujuan TKI. Dalam konteks perlindungan, attitude (sifat, Red) majikan sulit diprediksi. Siapa yang tahu kalau majikannya jahat, ungkapnya.

Perlindungan TKI dari kekerasan majikan masih seperti pemadam kebakaran. Menurut Erman, yang penting, kalau terjadi suatu kasus, pemerintah bisa cepat dan tegas menangani, bekerja sama.

Untuk pencegahan, dia mengungkapkan bahwa perlindungan bergantung masing-masing TKI. Kalau mau jadi calon TKI, daftarlah sesuai prosedur yang benar, berbiaya murah, kemudian didaftarkan di KBRI, sehingga tahu majikannya di mana, tegasnya.

Masih sebatas wacana, Kepala PNP2TKI Jumhur Hidayat mengungkapkan, pihaknya berencana membentuk lembaga monitoring, konseling, serta home visit bagi para TKI, khususnya di sektor informal atau rumah tangga. Itu membebankan majikan agar TKI bisa dikunjungi atau ditelepon. Tapi, masih dibicarakan dengan Deplu dan Depnakertrans soal bentuk lembaganya, katanya. (ein)

Sumber: Jawa Pos, 29 Agustus 2007

1 komentar:

KISAH SUKSES IBU HERAWATI mengatakan...

Assalamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang Pengusaha Butik yg Sukses, kini saya gulung tikar akibat di tipu teman sendiri, ditengah tagihan utang yg menumpuk, Suami pun meninggalkan saya, dan ditengah himpitan ekonomi seperti ini, saya coba buka internet untuk cari lowongan kerja, dan secara tdk sengaja sy liat situs pesugihan AKI SYEH MAULANA, awalnya saya ragu dan tidak percaya, tapi setelah saya lihat pembuktian video AKI ZYEH MAULANA Di Website/situnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari, Alhamdulilah benar benar terbukti dan 2Miliar yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kata kata beliau yang selalu sy ingat setiap manusia bisa menjadi kaya, hanya saja terkadang mereka tidak tahu atau salah jalan. Banyak orang menganggap bahwa miskin dan kaya merupakan bagian dari takdir Tuhan. Takdir macam apa? Tuhan tidak akan memberikan takdir yang buruk terhadap kita, semua cobaan yang Tuhan berikan merupakan pembuktian seberapa kuat Anda bertahan di dalamnya. Tuhan tidak akan merubah nasib Anda jika Anda tidak berusaha untuk merubahnya. Dan satu hal yang perlu Anda ingat, “Jika Anda terlahir miskin itu bukan salah siapapun, namun jika Anda mati miskin itu merupakan salah Anda, saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui Ritual Penarikan Dana Hibah/Pesugihan Putih AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI ZYEH MAULANA Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pejabat, Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia,jika anda ingin seperti saya silahkan Lihat No Tlp Aki Di website/internet »»>KLIK DISINI<««





RITUAL DUNIA GHAIB

RITUAL TEMBUS TOGEL/LOTREY

BUAYER MUSTIKA